Kamis, 05 Mei 2016

                            MAKALAH PENGEMBANGAN & IMPLEMENTASI SI
                                                      “ MARKET PLACE “






DOSEN PENGAJAR :


DISUSUN OLEH :
Binti Ainun Sholihah (4114052)




FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
TAHUN AKADEMIK
2016/2017



KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah Pengembangan & Implementasi SI ini.
Adapun makalah ini telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini. Namun tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada saya sehingga saya dapat memperbaiki makalah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah  ini kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inspirasi terhadap pembaca.

                                            



                                                                                                        Jombang, 06 Mei 2016







DAFTAR ISI

Kata Pengantar .....................................................................................................  i
Daftar Isi ..............................................................................................................  ii
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang ......................................................................................  1
1.2. Rumusan Masalah ................................................................................  2
1.3. Tujuan ..................................................................................................  2
Bab II Pembahasan
2.1 Definisi Market Place ...........................................................................  3
2.2. Kelebihan dan kekurangan dari market place....................................... 4
2.4 Beberapa situs Market place yang popular di Indonesia………………6
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan ........................................................................................... 8

Daftar Pustaka



BAB I
       PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Semakin berkembangnya teknologi dan  beberapa perancangan penjualan online yang sudah tidak asing lagi, yaitu dengan menggunakan website yang disebut market place. Adapun penjelasan dari market place ini adalah sebuah tempat di mana penjual dapat membuat akun dan menjajakan barang dagangannya secara online maupun langsung dengan prasarana website yang akan di rancang.
Dengan adanya online marketplace ini, penjual dan  pembeli dapat saling memperoleh keuntungan karena online marketplace ini dapat dijadikan ajang promosi bagi penjual, sedangkan pembeli dapat dengan mudah  memperoleh informasi yang diperlukan. Online marketplace pun dapat digunakan sebagai wadah komunikasi antara penjual dan pembeli. Kemudian pembeli pun dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk promosi karena dengan menggunakan online marketplace, pembeli tidak harus mengeluarkan biaya yang besar.
Adapun salah satu keuntungan berjualan di marketplace adalah penjual tidak perlu membuat situs atau toko online pribadi. Penjual hanya perlu menyediakan foto produk, mengunggahnya ke E-Commerce tersebut, dan melengkapi foto produk dengan deskripsi produk. Kemudian, jika ada pembeli yang membeli produk tersebut, penjual akan diberi notifikasi oleh sistem dari E-Commerce yang dia gunakan

1.1  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pembahasan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut  :
1.      Definisi  Market Place ?
2.      Kelebihan dan kekurangan pada market place ?
3.      Market Place apa saja yang sekarang marak di Indonesia?

1.2  TUJUAN
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini
adalah sebagai berikut:
1.       Agar mengetahui Definisi  Market Place ?
2.      Agar mengetahui Kelebihan dan kekurangan pada market place ?
3.      Agar mengetahui Market Place Apa saja yang sekarang Marak di Indonesia


   BAB II
      PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN MARKET PLACE
Definisi marketplace secara bahasa berarti “pasar” di Internet. Sebagaimana pasar pada umumnya , pasar yang satu ini juga merupakan tempat jual beli barang sehingga di wilayah ini merupakan satu wilayah sebagai tempat bertemunya antara seller dan buyer. Dengan adanya pasar global yang tak terbatas, mendorong para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi untuk memanfaatkan media online sebagai lahan bisnis. Apalagi dengan semakin meningkatnya pengguna internet dari hari ke hari yang semakin banyak, memanfaatkan marketplace dalam keadaan seperti ini untuk mengembangkan bisnis melalui internet tentu merupakan prospek yang sangat bagus. Saat ini masyarakat tampaknya juga cukup nyaman berbelanja dengan hunting apa apa yang mereka
butuhkan melalui pasar online ini. Bahkan ketika saya sendiri mencoba masuk ke dalam ruang marketplace saya merasa nyaman dan santai ketika saya harus menyeleksi dan mengamati baju yang akan saya pilih. Tapi lain halnya ketika saya bererelanja dli toko toko pakaian, saya merasa risih karena si karyawan selalu mmbuntuti saya ketika saya sedang memilih baju mana yang akan saya beli. Sebenarnya fitur ini telah memberikan banyak kemudahan bagi para konsumen di dunia online shop. Banyanknya marketplace yang muncul di dunia internet benar benar memanjakan para konsumen. Melihat lihat produk yang ditawarkan di marketplace secara bebas akan memberikan rasa nyaman bagi calon pembeli. Apalagi media internet yang bebas akses memberikan waktu 24 jam bagi para pengunjung sehingga mereka bisa datang kapan pun mereka mau. Kemudahan yang lain adalah pengunjung bebas membandingkan produk yang satu dengan yang lain sebelum mereka menentukan barang yang hendak di beli.
 Hal ini sangat penting bagi kosumen karena pemilihan barang yang tepat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Semakin banyak pilihan justru semakin menarik bagi pembeli. Hal yang paling dibanding bandingkan dalam produk yang akan dibeli adalah kualitas barang dan harga barang. Maka dari itu jika anda merupakan pelaku bisnis yang memanfaatkan marketplace hendaknya banyak ide untuk menarik pembeli, seperti memberikan diskon, menjaga kualitas barang dan lain lain.
Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen juga bisa di dapatkan melalui marketplace. Jaminan yang satu ini memang sudah sepantasnya
dianggap penting karena transaksi di dunia internet merupakan transaksi online yang sangat rawan penipuan. Dalam hal ini biasanya konsumen mendapatkan jaminan jika uang sudah dutransfer tapi barang belum juga datang maka uang konsumen akan dikembalikan. Jika ada keluhan barang yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya produsen akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.





2.2  KELEBIHAN & KEKURANGAN MARKET PLACE
                   I.            Kelebihan Market Place
Ø  Berdagang di Marketplace sangat mudah apalagi bagi Anda pengusaha pemula yang belum memiliki sistem dan prasarana penjualan. Anda hanya perlu membuka akun, memposting dagangan Anda lalu memberikan keterangan.
Ø  Sistem marketplace telah banyak dipercaya para pembeli karena jaminan transaksi, rekening bersama, dan banyak pilihan produk yang tersedia sehingga para calon pembeli pasti akan melihat dengan sendirinya membuka dan memilih-milih termasuk melihat barang dagangan Anda
Ø  Banyaknya pedagang juga dapat Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan.
Ø  Adanya promosi gratis dari marketplace pun akan meminimalisir biaya marketing Anda

                II.            Kekurangan Market Place
Ø  Banyaknya para pedagang bahkan dengan jenis dagangan yang sama membuat marketplace sebagai wadah persaingan terbuka antar penjual. Hal ini mungkin akan membuat barang yang anda tawarkan sulit terjual. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara berikut. Manage-lah akun jual-beli anda dengan baik. Management akun marketplace yang baik seperti pelayanan fast response, jujur dan detail dalam memberikan deskripsi produk serta ramah dalam pelayanan.
Ø  Banyaknya pedagang juga meminimalisir promosi produk Anda secara terfokus. Karena semua pedagang akan berebutan untuk Iklan. Fitur searching pun tidak hanya berfokus pada produk kita saja. Pembeli dapat dengan mudah beralih ke produk lain karena banyaknya produk yang ditampilkan dari berbagai penjual.
Ø  Keberlangsungan roda penjualan dan pembelian di marketplace sangat bergantung pada pengelola. Bisa saja situs tersebut tutup atau membuat kebijakan baru yang merugikan Anda sehingga dengan sistem ini memang penjual tidak memiliki kuasa penuh. Dan yang terkenal pun adalah situs tersebut, bukan produk Anda. Anda tidak dapat memperkuat branding produk Anda jika menggunakan sistem ini.

2.3  BEBERAPA SITUS  MARKET PLACE YANG POPULER DI INDONESIA
1.      BUKALAPAK
Didirikan pada awal 2010 sebagai salah satu produk portofolio agensi digital bernama Suitmedia, Bukalapak bertumbuh sebagai salah satu produk online terbesar karya anak bangsa di Indonesia. Achmad Zaky selaku CEO mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 150.000 penjual1 dan 1,5 juta produk aktif di Bukalapak.
2.      TOKO PEDIA
Berdiri pada awal 2009, Tokopedia dinilai sebagai pemimpin pasar dalam ranah marketplace online di Indonesia. Paling tidak, Tokopedia memiliki jumlah modal yang sangat besar berkat USD 100 juta (Rp 1,2 triliun) yang disuntikkan beberapa bulan lalu oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.  William Tanuwijaya selaku CEO mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki “ratusan ribu” penjual yang bertumbuh jumlahnya sebesar 30 persen setiap bulan. Saat ini Tokopedia memiliki 3,3 juta produk aktif, dimana sekitar 2 juta produk terjual di platform setiap bulannya.
3.      ELEVENIA
Elevenia merupakan salah satu pemain termuda di daftar ini, namun mereka sangat agresif dan telah mencatat pertumbuhan sangat besar di tahun pertama operasinya. Diluncurkan pada bulan Maret 2014, perusahaan hasil joint venture antara XL Axiata dan SK Planet asal Korea Selatan ini memiliki 2 juta produk aktif dan melayani 8.000 order setiap harinya.
Uniknya, perusahaan ini menyediakan seller zone di Jakarta, berisikan studio foto dan ruang pelatihan untuk membantu para penjual online yang masih baru. Semua hal itu dapat digunakan secara gratis.
4.      RAKUTEN BELANJA ONLINE
Diluncurkan pada tahun 2011, Rakuten Belanja Online (RBO) awalnya merupakan perusahaan hasil joint venture antara konglomerat media MNC dan raksasa e-commerce Jepang Rakuten. Namun, pada tahun 2013 kerjasama itu secara resmi berakhir, dan sekarang RBO beroperasi sendiri di Indonesia.
5.      BLANJA
Sebagai perusahaan joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay, kehadiran Blanja memiliki potensi besar untuk membuat saingannya was-was. Walau sudah beroperasi sejak 2013, Blanja baru secara resmi diluncurkan pada Desember

BAB III
          PENUTUP
3.1KESIMPULAN
MarketPlace adalah model bisnis online menggunakan media website dimana website tersebut bukan hanya sebagai wadah untuk para online shop mempromosikan produknya tetapi juga marketplace ini membantu memfasilitasi transaksi jual beli secara online dengan menggunakan rekening bersama, jadi customer bisa berinteraksi langsung dengan penjual akan tetapi transaksi jual beli tetap melalui marketplace tersebut, terdapat tombol klik untuk membeli dan dana pada saat proses pembayaran masuk ke rekening dari marketplace, yang kemudian akan diteruskan kepada penjual dengan perjanjian tertentu. Didalam satu marketplace tersebut banyak merchant merchant yang bergabung untuk mempromosikan barang dagangannya
             III.            Kelebihan Market Place
Ø  Berdagang di Marketplace sangat mudah apalagi bagi Anda pengusaha pemula yang belum memiliki sistem dan prasarana penjualan. Anda hanya perlu membuka akun, memposting dagangan Anda lalu memberikan keterangan.
Ø  Sistem marketplace telah banyak dipercaya para pembeli karena jaminan transaksi, rekening bersama, dan banyak pilihan produk yang tersedia sehingga para calon pembeli pasti akan melihat dengan sendirinya membuka dan memilih-milih termasuk melihat barang dagangan Anda
Ø  Banyaknya pedagang juga dapat Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan.
Ø  Adanya promosi gratis dari marketplace pun akan meminimalisir biaya marketing Anda



             IV.            Kekurangan Market Place
Ø  Banyaknya para pedagang bahkan dengan jenis dagangan yang sama membuat marketplace sebagai wadah persaingan terbuka antar penjual. Hal ini mungkin akan membuat barang yang anda tawarkan sulit terjual. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara berikut. Manage-lah akun jual-beli anda dengan baik. Management akun marketplace yang baik seperti pelayanan fast response, jujur dan detail dalam memberikan deskripsi produk serta ramah dalam pelayanan.
Ø  Banyaknya pedagang juga meminimalisir promosi produk Anda secara terfokus. Karena semua pedagang akan berebutan untuk Iklan. Fitur searching pun tidak hanya berfokus pada produk kita saja. Pembeli dapat dengan mudah beralih ke produk lain karena banyaknya produk yang ditampilkan dari berbagai penjual.
Ø  Keberlangsungan roda penjualan dan pembelian di marketplace sangat bergantung pada pengelola. Bisa saja situs tersebut tutup atau membuat kebijakan baru yang merugikan Anda sehingga dengan sistem ini memang penjual tidak memiliki kuasa penuh. Dan yang terkenal pun adalah situs tersebut, bukan produk Anda. Anda tidak dapat memperkuat branding produk Anda jika menggunakan sistem ini







DAFTAR PUSTAKA
3.      Techinasia.com/marketplace-online-terbesar-indonesia-belanja diakses tanggal 05-05-2016 jam 10:00
4.      forumakers.com/t186-apa-itu-marketplace diakses tanggal 06-05-2016 jam 10:00




Tidak ada komentar:

Posting Komentar